Cara Memilih Busur Panah yang Baik


Sudah biasa tidak diragukan lagi, pertanyaan tentang tips memilih gandi panah yang tepat, ialah salah satu teka-teki yang paling sering ditanyain sama orang-orang yang segar mulai berperan panahan.

Tergolong kami segala dahulu. Agar lebih yakin dan bukan keliru.

Tersedia beberapa trik dan hal penting nih yang kudu diperhatikan jika Anda ingin membeli satu peralatan panahan.

Secara, panahan itu kan sebuah olahraga yang mencita-citakan konsistensi serta ketekunan tingkat tinggi.

Lamun Anda berfikir olahraga yang satu berikut bisa dikuasai hanya dengan beberapa periode berhasil tepat mengenai korban, berarti Anda memiliki rekognisi yang salah.

Karena memanah tidak semudah kelihatannya.

Yaa mungkin selalu ketika Dikau melihat seseorang bermain panahan, memang terlihat sangat mudah, tapi belum tentu dalam prakteknya.

Selain harus dapat mengatur sisi dari luar seperti petunjuk kecepatan udara dan tutul sudut.

Memanah juga membuthkan keterampilan di dalam settingan alat, maupun tekniknya, supaya Anda bisa benar-benar menembakan di setiap anak panahnya dengan hasil yang sempurna.

Gimana sanggup hal itu tercapai kalo kita terus-menerus menagndalkan panah pinjeman mempunyai teman?

Ya walaupun bukan papa pula, tetapi lamun Anda menghendaki untuk menyigi bidang sports yang tunggal ini, jadi hukumnya tentu bagi Engkau untuk memilikinya sendiri.

Tapi kalau dilihat melalui sisi yang lain, peranti yang digunakan dalam olahraga memanah pun bsia dibilang bukan barang yang sedikit.

Jadi di setiap Anda ingin membeli salah satunya, Anda kudu teliti di milih, mana yang terlalu dibutuhkan, dan mana yang sifatnya seharga sekedar untuk aksesoris.

Bahwa semisal sudah beli tetapi ternyata tidak cocok, kan kalau dijual lagi pun kemungkinan besar nggak akan balik modal.

Nah, untuk awal-awal memang jalan terbaik untuk mengetahuinya adalah menggunakannya terlebih dahulu, hanyalah coba-coba lah, bisa secara meminjam mempunyai teman, atau punya union panahan.

Umumnya sih gemar ke union yah minjemnya. Karena bahwa di klub-klub memanah, lazimnya ada lebih banyak pilihan ukuran, maupun berat tarikan daripada busur panahanya.

Jadi Engkau bisa lepas memilih mana yang lebih tepat untuk Anda seorang diri, dan umumnya yang puas itulah yang nantinya Engkau bisa cari.

Setelah Dikau memang telah memiliki persetujuan yang manatap untuk mengulas bidang sports ini, pertama-tama mulailah untuk berlatik teknik-tekniknya, sambal terus mengimbanginya secara berlatih.

Nah, kalau merasakan sudah merupakan busur maupun panahan yang cocok, segar deh Anda bisa mempertimbangkan beberpa hal berikut, serupa acuan tatkala Anda ingin membeli satu buah set panahan.



#1 – Menentukan Penggunaan Panahan
Pikir kami, sesuatu inilah yang menjadi tempat pertama yang harus diputuskan, apakah Dikau Pengguna Right Gripper, / Left Gripper.

Sebagian raksasa para pemanah yang terdapat di globe adalah pemanah yang menggunakann tangan daksina (tangan kiri yang megang busur, dan tangan kanan yang menarik string).

Namun bukan berarti Anda kudu ikut-iktanan mana yang cenderung kok. Walhasil kembali di dalam Anda seorang diri, tangan mana yang lebih nyaman digunakan untuk memanah.

Selain tangan yang berlaku penting dalam memanah, mata juga menjadi anggota lembaga lain yang sangat getol karena dimanfaatkan untuk mengarahkan sasaran.

Bertumpu halnya dengan tangan, penerapan mata di memanah pula bisa memakai mata yang kiri (kidal).

Istilahnya ialah eye dominance, nah itu juga indah lagi ke Anda, kian nyaman menggunakan yang mana?



#2 – Jenis gandi
Kalau segmen yang mono ini, sebelah sepenuhnya mengenai masalah keinginan, dan sisanya masalah kiriman.??

Apabila ditinjau dari harganya, dibidang panahan siap banyak sekali opsi jenis busur yang sanggup digunakan, misalnya seperti recurve bow, long bow, horsebow, compound, serta yang lain sebagainya.

Semua jenis-jenisnya, memiliki plus minus-nya masing-masing.

Untuk masalah harga, gandi olympic recurve bow serta compound bow adalah spesies yang termahal dalam dunia memanah, hanya untuk starter kit-nya saja, ongkos yang dibutuhkan bisa cukup 10 juta ke atas.

Belum lagi lamun Anda mengidamkan peralatan- kelengkapan memanah yang terbaik segenap, wah bisa-bisa habis puluhan juta.

Nah, untuk Dikau yang mempunyai low budget. Tenang, Anda tidak seorangan kok, disana masih penuh kok orang yang punya budget yang serupa, apalagi untuk orang-orang yang biasanya baru mau start hobi panahan.

Diantaranya, tersedia beberapa jenis busur yang cukup bagus kualitasnya, tetapi untuk bidang harga, pula masih siap menjadi proporsi.

Hanya sekedar gambaran harga saja yah, jangan dikira apa-apa nih.



#1 – Standard bow

Sebenernya macam yang mono ini ialah jenis recurve bow, tapi dalam tipe general-nya.??

Untuk harga panahannya, standard bow biasa menerima kisaran 3 juta, tersebut pun asesorisnya sudah cukup lengkap.

Jika hanya hanyalah busurnya sekadar, kenanya di kisaran pajak 1, 6 juta.

Kira-kira contoh panahan denga pangsa yang sempurna lengkap, antaralain:

Handle – Pegangan terpenting
Limbs – Bagian pegas pada panahan
String – Tali pada panahan
Tas panah
The arrow – Anak tanda
Finger tab – Penunggu jari
Arm guard – Pelindung tangan
Arrow rest – Teritori anak busur pada bagian depan busur
Bow stringer – Alat sambungan yang dipakai untuk mempesona anak panah


#2 – Horse bow

Mungkin diantara para pembaca ada yang berfikir,.. “hmm panah kuda”, mungkin tanda yang dipakai sama raja.

Yup, nggak salah-salah banget sih. Biasanya horse bow itu adalah sebuah terang yang cocok apabila digunakan sambal menunggang kuda.

Pakcik ada panah yang nggak cocok, kalau sambal menjalankan kuda? Jawabannya ada.

Nah, busur yang satu berikut memiliki gambaran ukuran yang relatif sedikit, walaupun terselip juga yang berukuran berjarak.

Material yang seringkali dipakai sebagai bahannya adalah, bamboo ataupun kayu.

Busurnya seorang diri terdiri dari 3 potongan utama, yakni handler busur, dustar (bagian lengan yang dapat melentik ketika lung ditarik), serta siyah (bagian kaku yang terdapat di ujung-ujung gendewa, tempat untuk mengaitkan saluran busur).

Kecuali itu, spesies panah yang satu tersebut juga seringkali disebut dengan busur reflex.

Kenapa? Benih busur berikut, umumnya mempunyai bentuk letter C ketika belum dipasangkan dengan saluran.

Serta, harus diregangkan terlebih dahulu pada ingin dipasangkan tali.

Kurnia dari busar horse bow, bisa dikatakan juga tak kalah mumbang busur yang lainnya, sebab memiliki watak potential pegas yang buntal pula.

Nah, karena bilangan kekuatan serta efektifits di panah horsebow, membuat panah yang satu ini sempurna banyak dicari oleh warga, sehingga persediaannya seringkali kesimpulan.

Untuk memenuhi permintaan rekan yang ada, akhirnya para produsen panahan membuat 1 buah busur yang mirip seperti horse bow, namun material yang digunakan berbahan fiber.

Diantaranya, pula ada yang terbuat dari PVC.

Terlebih, saat ini tidak lumayan juga terang horse bow yang dibuat oleh pembuat lokal. Oleh sebab itu otomatis, harga panah yang ditawarkan pula termasuk super murah.

Beberapa diantaranya ada yang hingga menjualnya secara harga 700 ribu rupiah.

Bahan yang digunakan ialah fiber serta kayu.

Yang mana kalau diperhatilkan, pangkat tesebut sudah biasa cukup sedikit. Apalagi lamun sudah tergolong finger tab dan arm guard-nya.

Sekutil tambahan, untuk anak panahnya biasanya belum satu pangsa ketika Dikau membelinya, tapi umumnya budak panah dijual secara terputus.

Horsebow serat

Ada soulusi lain nih kalau Dikau menginginkan horse bow yang lebih murah, yakni gendewa dengan bahan PVC (paralon).

jual beli busur panah Yang paling murah, horse bow dibandrol dengan martabat 450rb.

Tapi kami nggak bisa memproklamasikan loh sungguh, apa aja alat-alat yang ada dalam dalamnya, seminimal- minimalnya gendewa sama talinya lah yaa.

#3 – Busur Tradisional

Mirip laksana horse bow, material yang digunakan sama-sama kayu serta bambu, perbedaannya ada dalam desainnya.

Bahwa horse bow di model secara sempurna supaya riang dan ringan digunakan ketika sambal berkuda, nah kalau yang konvensional, hanya pada desain bertumpu seperti panahan pada umumnya.

Harga yang di harga sekitar 650 ribu rupiah, belum dikategorikan aksesoris lainnya, seperti bani panah, finger tab, dan arm guard.

#4 – Busur PVC

Bisa dibilang, busur inilah yang paling murah diantara semuanya.

Tapi untuk kualitasnya, kami pun tidak menyarakan kalau Dikau benar-benar ingin menekuni lebar olahraga yang satu tersebut, lebih bagus Anda membeli standard bow yang sudah biasa lengkap beserta segala peralatannya.

Material handle yang digunakan pada gandi PVC berbahan dasar mulai kayu, namun untuk limbs-nya yang umumnya digunakan ialah PVC yang diisi dengan bambu.

Pajak yang diberikan oleh penjual umumnya berputar antara 300-400 ribu yen.


#3 – Ukuran Busar
Nah, sisi lainnya yang perlu diperhatikan adalah, standar riser tanda, atau konvensional dikenal juga dengan gendewa.

Khususnya untuk “standard bow recurve ” dan “olympic style recurve “, daripada berbagai jenisnya, beberapa diantaranya ada ukuran busur tertentu yang mampu disesuaikan dengan postur pranata.

Yap gak lain karena postur tubuh lah yang akan mempengaruhi seberapa lama tarikan yang dibutuhkan(draw length).

Nah, habis length inilah yang hendak menjadi acuan Anda, untuk memilih mana ukuran lung yang jelas untuk diterapkan.



#4 – Berat Tarikan (Draw Weight)
Nah, kesalahan yang tertinggi terjadi pada seseorang membeli panah ialah, membeli terang yang luar biasa berat, tujuannya biar gak perlu beli-beli lagi.

Sepertinya awalnya Kamu berpikir dengan terbiasa nantinya, tapi tidak pada kenyataannya.

Hal itu pula yang biasanya terjadi untuk Engkau yang tetap pemula, kira-kira diantara kami juga berbuat hal ini dulu, serta hasilnya gak memuaskan diantaranya ekspektasinya.

Kenapa? karena dalam tahap awal belajar panahan, hal yang paling utama adalah menelaah teknik.

Nah, kalau tubuh kita saja perlu jual beli yang lampiran hanya hanyalah untuk memukau string, bukannya teknik yang diperhatikan, malah nantinya bakal kesusahan sendiri ketika ingin menembak.

Belum lagi ketepatan tembakan yang dilepaskan pun bakal hancur-hancuran, dikarenakan kerumitan untuk menyetir[ki] kekuatan rampasan.

Tenang, nggak usah segan kalau semisal Anda adalah seorang lelaki yang martabat kalau pada waktu cuma memukau busur beserta kapasitas 20 lbs.

Sesuatu itu telah wajar mengapa, karena otot yang diterapkan untuk memanah, adalah otot yang rumpang digunakan sehari-hari pada aktifitas biasanya.

Sedikit catatan nih ya, latihan memenag tersebut membuthkan stabilitas dan ketelatenan[cak] yang pas, dan latihannya bisa mencapai berbatas berjam-jam.

Kan percuma pada waktu punya gandi draw weight dengan rampasan yang luas kalau semata-mata bisa menariknya 10 x doang, abis itu saksama tepar, yah, nggak dengan memberikan perbawa yang buntal untuk kedepannya.

Lebih elok menggunakan gendewa yang standar saja, akan tetapi hasil selesai dari kursus yang diterapkan, matang secara sempurna.

Lung dengan rampasan 20-30 lbs juga masih bagus kok, dan jarak yang mampu dicapai siap sampai 20 meter, barangkali lebih.

Kendi kalau cuma untuk pertandingan indoor, semuanya sekedar 18 meter.

Coba-coba aja dulu punya pinjem punya temen, dan lihat.

Mana yang menurut Anda cukup halus-halus, dan cukup sanggup untuk menariknya hingga berjam-jam.

Tujuannya tidak lain supaya pendidikan yang dijalani lebih optimal kok.

Nah, ketika nanti Anda sungguh mulai terbiasa, baru deh bisa coba-coba dinaikan sedikit demi sedikit draw weight–nya.

Dinaikan dengan kapasitas dibawah 5 lbs masih semua enak kok untuk penyesuaiannya.

Tidak demi beli kok, salah saeorang dari abdi sendiri sempat barter. Buktikan aja Mengekspos mendekorasi di sosial media, insyaalla ada saja nanti peminatnya.??

*Catatan, untuk standard bow, limbs yang tersedia mulai dari 18-40 lbs.

Untuk nambahnya kelipatannya, biasanya masing-masing 2 lbs.

Biasanya orang2 yang trendi mulai memanah, menggunakan rampasan yang 24 lbs, tersebut pun pun mayoritas sedang gemeteran surat keterangan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *